Hamzah Izzulhaq

Hamzah Izzulhaq pengusaha muda di usia 18 tahun
Hamzah yang lahir di Jakarta, 26 april 1993 ini membuat saya sangat termotivasi dan terispirasi dengan kesuksesannya yang telah ia capai di usia 18 tahunnya. Bagaimana tidak, Ia memulai kesuksesannya dengan hanya bermodal uang 5 juta di tangan (setara orang-orang biasa), apalagi Hamzah bukanlah anak muda yang berasal dari keluarga tidak mampu, ia adalah anak dari dosen universitas Gunadarma. Beliau berani memberikan kesempatan dan peluang usaha kepada putranya itu karena memang melihat ada kemampuan dan potensi berwirausaha dari anaknya.

            Hamzah Izzulhaq melakukannya dengan semangat dan teguh serta memilih untuk berusaha dengan model franchise bimbingan belajar bernama bintang solusi mandiri. Karena harga jual franchisenya berharga Rp 175.000.000,- maka Hamzah, meminta tolong kepada bapaknya dengan meminjam uang Rp 70 juta. Sisa yang Rp 100 juta akan ia cicil dengan uang keuntungan per semester nanti.
Dari franchise bimbel itu, bisnis Hamzah berkembang pesat. Keuntungan demi keuntungan selalu diputarnya untuk membuat bisnisnya lebih maju lagi. Kini, Hamzah telah memiliki 3 lisensi franchise bimbel dengan jumlah siswa diatas 200 orang tiap semester. Total omzet yang diperolehnya sebesar Rp360 juta/semester dengan nett profit sekitar Rp180 juta/semester. Sukses mengelola bisnis franchise bimbelnya, Hamzah lalu melirik bisnis kerajinan SofaBed di area Tangerang.
Sejak bulan Agustus 2011, bisnis Hamzah telah resmi berbadan hukum dengan nama CV Hamasa Indonesia. Lulusan SMA tahun 2011 ini duduk sebagai direktur utama di perusahaan miliknya yang omzetnya secara keseluruhan mencapai Rp100 juta per bulan. Tapi keuntungan yang ia dapatkan tidak seterusnya ia dapatkan. dari awal berbagai bisnis yang beliau jalani mengalami pasang surut bahkan bangkrut sampai akhirnya hamzah berfikir memutar otak apa penyebab kegagalan bisnis tersebut sampai akhirnya beliau menemukan kelemahannya.
Dengan dukungan dari tiga guru bisnisnya, beliau bangkit dari keterpurukan dan menemukan strategi bisnis andalannya. kini ia bangkit sebagai the Rising Young Entrepreneur dan pembicara seminar nasional. hadir dengan berbagai bidang bisnis yang ia geluti bahkan lebih dari satu bidang bisnis. oleh Ciputra sendiri beliau mendapatkan predikat pengusaha muda terbaik. hamzah terus mengembangkan keahliannya di bidang bisnis sembari mengerjakan segudang aktivitasnya sebagai pembicara di seminar- seminar atau setasiun televisi.
Tidak puas mencapai kesuksesannya sendiri hamzah ingin membagi ilmunya dengan pemuda lainnya ibarat gayung bersambut bersama muchadist ramadhan (founder Super Coach Indonesia) beliau membangun Super Coach Indonesia sebagai bentuk aktualisasi diri sebagai pengusaha. Dari  Super Coach ini hamzah dapat berbagi ilmu-ilmu bisnisnya berkolaborasi dengan tiga guru bisnisnya muhadist ramadhan, hadi maryadi, dan ari wibowo mereka meracik ramuan jitu jadi pengusaha sukses, tanpa modal, tanpa hutang, tanpa gagal dengan program andalannya Super Business Coaching yang dilaksanakan setiap bulan. dalam program ini di bahas pola-pola bisnis dari "akar ke daun."
Pengalaman yang sangat berharga dari seorang remaja berusia 20 tahun pada tahun ini telah berhasil menjadi pengusaha muda sukses. Semoga semakin banyak remaja-remaja sukses seperti dia. Amin.

Riview :
Kebanyakan dari kita mungkin masih asik sekolah, hangout bareng teman-teman, pacaran. Tapi lain dengan Hamzah Izzulhaq, dia punya kesibukan lain: Mengurus bisnis-bisnisnya yang bernilai ratusan juta. Ya pemuda pemenang Ciputra Young Entrepreneur ini memang memiliki kehidupan agak lain dari kebanyakan orang Indonesia kebanyakan.
Dari contoh diatas saya bisa mengambil motivasi dan terispirasi bahwa tidak ada salahnya anak muda bisa berusaha dengan modal yang ada, asalkan ada tekat dan percaya diri. Walaupun tidak jarang dalam berusaha pasti akan kita temui jesulitan di keuangan eperti untung ataupun rugi. Tapi bisa kita lihat dari hamzah ini memiliki kemampuan JATUH-BANGUNnya pada usaha yang ia kelola. Yang penting tekad kita dan mental yang kuat dalam berusaha.
Saya bisa mengambil inspirasi dan termotivasi pada cara Hamzah Izzulhaq dalam berusaha seperti Bergabung di komunitas pengusaha. Tidak ada salahnya kita ikut masuk dalam komunitas pengusaha, siapatau kita bisa dengar sharing dari mereka atau pun kita bisa bertanya dan sharing tentang ide kita dalam berusaha. Kemudian, Sedikit teori, langsung aksi. Ini benar karena terlalu banyak teori atau bicara bisa menghambat aksi selanjutnya. Lebih baik teori kita sudah jelas maka aksi kita jalankan. Perbaiki hubungan dengan Tuhan dan orang tua. Ini sudah jelas walaupun usaha kita kerjakan tapi tidak ad restu dari orang tua sama saja omong kosong, karena doa keduanya paling mudah di jabah Allah Swt. Insyallah kalau keduanya merestui kerja yang kita kerjakan, usaha kita lancar-lancar saja. Selalu bersyukur dengan pemberian Allah, dan selalu berdoa.

Semoga kita bisa banyak belajar pengalaman dari sosok pemuda yang mengawali karir usahanya dari SD ini dan sukses di usia 18 tahunnya. Semoga masih banyak yang bisa seperti Hamzah Izzulhaq.

Komentar

Postingan Populer