PASAR MALAM SEKATEN


ALL ABOUT SEKATEN YOGYAKARTA


Sekaten atau upacara Sekaten (berasal dari kata Syahadatain atau dua kalimat syahadat) adalah acara peringatan ulang tahun nabiMuhammad s.a.w. yang diadakan pada tiap tanggal 5 bulan Jawa Mulud (Rabiul awal tahun Hijrah) di alun-alun utara Surakarta danYogyakarta. Upacara ini dulunya dipakai oleh Sultan Hamengkubuwana I, pendiri keraton Yogyakarta untuk mengundang masyarakat mengikuti dan memeluk agama Islam.
Pada hari pertama, upacara diawali saat malam hari dengan iring-iringan abdi Dalem (punggawa kraton) bersama-sama dengan dua set gamelan Jawa: Kyai Nogowilogo dan Kyai Gunturmadu. Iring-iringan ini bermula dari pendopo Ponconiti menuju masjid Agung di alun-alun utara dengan dikawal oleh prajurit Kraton. Kyai Nogowilogo akan menempati sisi utara dari masjid Agung, sementara Kyai Gunturmadu akan berada di Pagongan sebelah selatan masjid. Kedua set gamelan ini akan dimainkan secara bersamaan sampai dengan tanggal 11 bulan Mulud selama 7 hari berturut-turut. Pada malam hari terakhir, kedua gamelan ini akan dibawa pulang ke dalam Kraton.
Sekaten berasal dari kata syahadataini, dua kalimat dalam Syahadat Islam, yaitu syahadat taukhid ( Asyhadu alla ila-ha-ilallah ) yang berarti “aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah” dan syahadat rasul ( Waasyhadu anna Muhammadarrosululloh ) yang berarti ” aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad utusan Allah “. Meskipun ada pendapat lain tentang asal - usul dari sekaten ini, tetapi tujuannya tetap sama yaitu untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW.
SEKATEN merupakan upacara hasil akulturasi Tradisi Lokal dengan Tradisi Islam, dalam serat babat disebutkan pertama kali munculnya upacara ini pada masa Raden Patah menjadi Adipati Kabupaten Bintoro (Demak), Demak yang menjadi kerajaan Islam pertama kali di Jawa setelah Majapahit runtuh pada tahun 1400 Saka atau 1478 Masehi.
TRADISI SEKATEN biasa dilakukan tanggal 5/6 bulan Mulud (bulan Jawa) atau bulan Rabiul Awwal (Hijriah). Upacara ini dimulai dengan keluarnya dua perangkat Gamelan Sekati, KK Guntur Madu dan KK Nagawilaga dari Keraton tepatnya dari Pendopo Ponconiti menuju Masjid Gedhe di alun-alun utara dengan dikawal oleh prajurit Kraton. Gamelan Sekaten adalah benda pusaka Kraton yang disebut Kanjeng Kyai Sekati dalam dua rancak, yaitu Kanjeng Kyai Nogowilogo dan Kanjeng Kyai Guntur Madu. (sumber http://gudeg.net)

Grebeg Muludan
Dua hari sebelum acara puncak (Grebek Muludan), Tradisi Upacara Tumplak Wajik diadakan di halaman istana Magangan. Upacara ini berupa kotekan atau permainan lagu dengan memakai kentongan,lumpang untuk menumbuk padi, dan semacamnya yang menandai awal dari pembuatan Gunungan yang akan diarak pada saat acara Grebeg Muludan nantinya.

Tumplak Wajik
Dua hari sebelum acara Grebeg Muludan, suatu upacara Tumplak Wajik diadakan di halaman istana Magangan pada jam 16:00 sore. Upacara ini berupa kotekan atau permainan lagu dengan memakai kentongan,lumpang untuk menumbuk padi, dan semacamnya yang menandai awal dari pembuatan Gunungan yang akan diarak pada saat acara Grebeg Muludan nantinya.

PASAR MALAM
Rangkaian acara sekaten salah satunya adalah pasar malam, dimana pasar malam dibuka satu bulan sebelumnya. Beraneka macam hiburan, pedagang dan sebagainya ada di area Alun – Alun Utara yang menjadi lokasi sekaten. Rangkaian acara lainnya adalah merupakan acara inti dari sekaten adalah upacara sekatenan. Perayaan sekatenan ini akan ditutup dengan Gunungan atau Grebeg. Dimana Gunungan ini yang berisikan macam – macam hasil bumi. Gunungan sekaten juga menyimpan nilai keyakinan dari budaya, bahwa siapa yang mendapatkan hasil dari gunungan tersebut akan mendapat berkah. Inilah yang menjadi sebuah tradisi yang mendarah daging bagi warga Ngayogyakarta Hadiningrat.
Di pasar malam sekaten banyak sekali arena permainan-permainan yang memacu adrenalin juga. Permainan ini juga tidak sama kalahnya dengan permainan yang ada di dufan. Bahkan untuk mendapatkan tiket dari tiap permainan cukup membayar dengan Rp 5000,00 saja. Seperti kora-kora, gelombang cinta, komedi putar,kincir angina, bom-bom car, bouncing, rumah hantu, trombolin area dan masih banyak lagi sarana yang menyenangkan di pasar malam sekaten ini. 


Kora-kora



kora-kora ini merupakan salah satu permainan yang sangat menegangkan. Jika tidak kuat dan tidak terbiasa, biasanya banyak yang muntah, dan mabuk. Atau ada juga yang menangis karena ketakutan. Tapi jika tidak menaikinya rasanya jika datang ke asar malam belum seperti pulang dari pasar malam. Jadi jangan sia-siakan !! ^^

Kincir angin/ kurungan burung





Komedi putar juga merupkan permainan yang tidak kalah seru, permainan ini jika kita berada pada titik paling atasnya, kita bisa melihan alun-alun utara secara keseluruhan. Dapat melihat keindahan pasar malam yang begitu menawan. Dan juga sangat romantis bila melihat keindahan pasar malam di altar barengan pasanga atau teman. 


Bom-bom car


Bom-bom car ini bisa di naiki oleh siapa saja. Sangat seru jika kita saling menabrakan mobil ke pemain yang lainnya. Harga tiketnya juga tidak begitu mahal jika di  bandingkan dengan bom-bom carr yang ada di tempat lain. Cuma Rp 5000,- saja. 


Pemancingan plastik






Pemancingan ikan plastik ini memang untuk anak-anak kecil. Tapi jangan salah, di sekaten ini juga para orang tua dan pemuda-pemudi juga keliatan tertarik untuk memancing. Untuk memancing ikan plastic ini juga harus memiliki kesabaran dan ketabahan sama halnya seperi memancing ikan asli. Karena, jika magnet dari pancingan  tidak bertemu dengan magnet yang ada di mulut ikan tidak akan bisa di ambil ikannya. Jadi , main ikan plastic ini juga seruuuu.

Trombolin area






Trombolin sama seperti trombolin lainnya. Kegiatanya hanya lompat-lompat saja. Tapi jika sudah ada skill yang dimiliki maka bisa melakukan atraksi-atraksi yang keren, seperti pada saat saya datang melihatnya ada seorang laki-laki ang melakukan atraksinya. Kereeeen >_<

Bounching


 
Komedi Putar




 
Rumah hantu, Atraksi lumba-lumba, Ular terbesar















 
 Rumah hantu ini memang tidak seseram seperti rumah hantu di tempat lainnya. Sayangnya dari rumah hantu yang ada di pasar malam alun-alun utara ini hanya berukuran ±5x8 meter persegi saja. Jadi hantu-hantunya hanya ada di dalam kurungan yang ukuran kurungannya itu ± 3x4 sj. Jadi yang bikin takut orang itu hanya perjalanan dari atas ke bawah yang begitu gelap. Selebihnya lumayan mengerikan. Tapi tetap di bawa seru J
Di balik semua prosesi yang ada dalam sekatenan, perayaan ini juga memberikan berkah tersendiri bagi orang – orang yang mencari rejeki dari perayaan ini, seperti tukang parkir, yang menjaga arena permainan dan pedagang di sekitar lokasi.
Seperti yang megurusi rumah hantu ini, mereka berdua memanggil-manggil pelanggan dengan menggoyangkan telapak tangan mereka dengan ciri khasnya. Tidak Cuma di rumah hantu saja, tapi di semua arena yang ada di pasar malam ini juga cara memanggil pelanggan sama lucu, unik dan aneh. J
 
Pedagang-pedagang kecil juga  mendapat keuntungan. Seperti pedagang kerak telor asli Jakarta dan tahu pon juga ada dan ramai di kunjungi pembelinya.


Ada juga tempat makan namanya bakmi pak pele yang berada tidak jauh dari pasar malam. Letaknya di timur dari Altar. Kemarin pada saat saya tang ke sana, sungguh rame sekali pelanggan bakmi pak Pele tersebut. Bayangkan dari jam 7 kami memesan makanan datangnya pesanan itu hingga jam 8.15. waaau. Uang receh sampai habis di pengamen-pengamen yang datang bernyayi di tempat pak Pele. Tapi beruntungnya waktu itu saya datang ramai-ramai dengan teman-teman.inilah tempatnya.








Berhubung tugas ini di kumpulnya bertepatan dengan final creative thinking ku pada tanggal 21 januari 2013, maka saya dan kawan-kawan gak sempet posting gamelan keluar. Soalnya gamelannya itu keluar kalau bukan tanggal 24 ya tanggal 25. Jadi, mungkin ini saja yang dapat saya publikasikan, semoga siapa saja yang melihat blog ini dapat tahu bahwa sekaten dan pasar malamnya yang ada di Yogyakarta itu kayak gimana. 

video ini mungkin dapat meyakinkan kalian untuk mengetahui kondisi pasar malam di alun-alun utara Yogyakarta. selamat menyaksikan :)


















 



















Komentar

Postingan Populer